members of association of the indonesian tours and travel agencies
NIA : 045/VI/DPP/2006

ANCIENT JAMBI TREKKING : 6 DAYS – 5 NIGHTS



SELAYANG PANDANG
Suku Anak Dalam, yang sering disebut sebagai Suku Kubu, adalah salah satu suku terasing yang masih tetap ada di Bumi Nusantara. Saat sekarang, di Provinsi Jambi dapat ditemui di Taman Nasional Bukit Duabelas, Taman Nasional Bukit 30 dan di Kawasan Hutan Harapan. Di Taman Nasional Bukit Duabelas yang terletak di Kabupaten Sarolangun (±180 Km dari Kota Jambi), suku etnik ini dapat ditemui di Desa Pematang Kabau dan sekitarnya, Sebagai kelompok yang berpindah tempat, mereka hidup bergantung pada alam.

Kawasan Situs Percandian Muarajambi adalah kawasan percandian Budha terluas di Nusantara, yang diperkirakan dibangun pada abad 7-14 Masehi, dengan 3.981 hektar, yang berisikan 82 Menapo dan baru 9 candi telah dipugar. Disini, kita diajak hiking di kawasan percandian dan Desa Muara Jambi dengan nuansa melayu yang kental.


RINCIAN PERJALANAN

HARI 1, Selasa
Tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi dengan pesawat terakhir, meet - greet. Makan malam di restoran di Kota Jambi dan check-in Hotel. Kembali ke hotel, program bebas.

HARI 2, Rabu
Setelah makan pagi di hotel, pada pukul 08.00 kita akan berangkat menuju Desa Pematang Kabau, yang merupakan desa terdekat menuju lokasi Suku Anak Dalam di dalam hutan Taman Nasional Bukit Duabelas. Perjalanan ini akan memakan waktu 5 jam. Makan siang di daerah Pauh jam 11 dengan sajian masakan lokal.
Setibanya di Desa Pematang Kabau, register di kantor Taman Nasional Bukit Duabelas dan kita akan melanjutkan perjalanan menuju camp tempat kita akan bermalam, yang berlokasi di kawasan taman nasional dan tidak terlalu jauh dari bermukimnya Suku Anak dalam terdekat.

Sesampainya di camp, langsung persiapan peralatan menginap. Setelah itu, kita langsung menuju tempat mandi yang berjarak lumayan jauh dari camp. Anda dapat langsung bertemu dengan anggota Suku Anak Dalam saat berjalan menuju tempat mandi sore. Makan malam dengan masakan lokal (disarankan untuk membawa makanan kaleng siap saji sendiri apabila tidak berkenan dengan masakan lokal). Istirahat dan program bebas.


HARI 3, Kamis
Memulai trekking menuju Air Terjun Air Menitik, Kawasan Tanaman Obat dan melihat untuk mengetahui bagaimana cara Suku Anak Dalam mengambil madu di Pohon Sialang. Kembali ke camp dan program bebas.

HARI 4, Jum’at
Setelah makan pagi pada pukul 07.00 pagi, akan kembali ke Desa Pematang Kabau untuk melihat aktifitas pasar mingguan desa, dimana biasanya Suku Anak Dalam berbelanja keperluan hidup di pasar tersebut. Setelah itu berangkat kembali ke Kota Jambi. Makan siang di restoran di sepanjang jalan menuju Kota Jambi. Setibanya di Kota jambi, akan langsung check-in hotel. Makan malam jam 19.00 dan program bebas.

HARI 5, Sabtu
Makan pagi di hotel dan pada pukul 08.00 berangkat ke Kawasan Tanggo Rajo untuk naik perahu tradisional menuju Kawasan Situs Percandian Muarajambi. Sekitar jam 10, memulai hiking candi - candi di kawasan inti hingga makan siang. Setelah makan siang, kita akan keliling perkampungan Desa Muara Jambi. Kemudian kembali ke Kawasan Tanggo Rajo untuk menikmati sunset pada pukul 17.45 (jika tidak mendung dan hujan). kembali ke hotel dan makan malam di local restoran. Program bebas.

HARI 6, Minggu
Setelah makan pagi di hotel, transfer-out bandara untuk penerbangan pesawat pagi.
Tour berakhir.

HARGA PAKET TOUR PER ORANG : (hubungi tour planner kami untuk info lanjutan)

HARGA TERMASUK
- Transportasi Mobil Toyota Innova/ Mobil 4WD (jika dalam musim hujan), A/C
- 3 malam menginap di hotel di Kota Jambi.
- Makan sesuai itinerary
- Local Guide dan Ranger Taman Nasional Bukit Duabelas Fee
- Porter fee saat di Suku anak dalam (1 pax = 1 porter)
- Donasi untuk Suku Anak Dalam.

HARGA TIDAK TERMASUK
- Pengeluaran pribadi
- Extra makanan dan minuman
- Tiket Pesawat
- Airport Tax dan Tips
- Optional Tour