members of association of the indonesian tours and travel agencies
NIA : 045/VI/DPP/2006

MUARAJAMBI TEMPLES COMPOUND SITE - DAY WALKING


TRIP HIGHLITE

• Melihat dan mengenal kawasan percandian terluas di Nusantara (3.981 hektar)
• Merekonstruksi peradaban masa lampau di abad ke-7 hingga abad ke-14
• Menelusuri rangkaian bentang alam peradababan Muara Jambi dari timur ke barat
• Menikmati atmosfir kehidupan masyarakat lokal Muara Jambi.

Lama Perjalanan   : 4 Hari - 3 Malam
Aktifitas              : Hiking, Site Visit, Pilgrims
Akomodasi           : 02 Malam Hotel, 01 Malam Pondok Ladang.

SEJARAH
Keberadaan Situs Percandian Muarajambi diketahui pertama kali dari laporan seorang perwira Inggris bernama S.C. Crooke, yang pada tahun 1820 ditugaskan mengunjungi daerah-daerah pedalaman sepanjang Sungai Batanghari. Ia mencatat bahwa ada anggapan bahwa Muarajambi pada suatu ketika pernah merupakan ibukota dari sebuah kerajaan kuno. Crooke sempat menyaksikan reruntuhan bangunan-bangunan bata dan arca batu diantara rerimbunan hutan dekat desa (Schnitger 1937:5).

Kawasan Situs Percandian Muarajambi diperkirakan oleh para arkeolog sebagai kawasan peribadatan dan studi agama dengan diperkuat oleh temuan informasi pertama tentang Jambi pada catatan Cina dari masa Dinasti T’ang (618-906 M) yang menyebutkan mengenai kedatangan utusan kerajaan Mo-lo-yeu ke Cina pada tahun 644-645 M.

Nama Mo-lo-yue dapat dikaitkan dengan nama kerajaan Melayu yang berpusat di sekitar kota Jambi sekarang. Kata Melayu kembali disebutkan dalam naskah yang ditulis oleh I-Tsing yang dalam perjalanan ziarahnya ke India pada tahun 672 M singgah di Shih-li-fo-sih (Sriwijaya) selama 6 bulan kemudian singgah di Melayu selama 2 bulan. Ketika kembali ke Melayu tahun 692 M, ia menuliskan bahwa Melayu telah menjadi Sriwijaya, apa yang diceritakan oleh I-Tsing ini sesuai dengan isi Prasasti Karangberahi yang berangka tahun 686 M dan ditemukan di Jambi hulu.

INTI PERJALANAN
Kawasan Situs Percandian Muarajambi yang diperkirakan dibangun mulai abad ke-7 hingga abad-14, adalah merupakan Situs Percandian yang memiliki kawasan terluas di Nusantara, 3981 hektar, dan mempunyai jalur kanal dengan karakteristik yang unik, serta peninggalan bersejarah universitas tertua, berupa 9 candi yang telah diekskavasi, kolam dan 82 menapo (gundukan tanah yang berisi struktur bata). Namun diperkirakan ada lagi yang belum diidentifikasi, menunguu untuk ditemukan.

Terletak ± 30 kilometer dari Kota Jambi, yang dapat ditempuh lewat jalur air dengan menggunakan perahu tradisional (1,5-2 jam), maupun jalur darat dengan mobil (45-60 menit) , mempunyai jalur hiking yang unik, dimana nuansa desa Melayu sangat kental dengan logat bahasa dan adat-istiadat yang telah ada sejak jaman nenek moyang dahulu. Sepanjang penjelajahan akan melewati daerah perkebunan buah-buahan dan pemukiman penduduk lokal serta mengunjungi 8 candi yang telah diekskavasi dan 18 menapo.

SELAYANG PANDANG
Hari 1 : Tiba di Kota Jambi
Hari 2 : Menuju Muara Jambi dan memulai hiking di wilayah kawasan timur kawasan Percandian Muarajambi
Hari 3 : Hiking di wilayah kawasan barat kawasan Percandian Muarajambi
Hari 4 : Pulang ke daerah asal.


RINCIAN PERJALANAN
HARI 1, Kamis
Tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi atau lokasi penjemputan lain, greetings dan check-in hotel. Program bebas.
Makan yang disediakan : -

HARI 2, Jum’at
Makan pagi di hotel dan check-out hotel. Diawali dengan naik perahu tradisional, dari kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi menuju Desa Kemingking Luar, dengan jarak tempuh 1,5 - 2 jam perjalanan air. Setibanya di desa, langsung hiking menuju Menapo Duren Sakat, yang merupakan menapo terujung bagian timur kawasan.

Kemudian kita akan mengunjungi reruntuhan Candi Sialang, yang merupakan candi terujung timur di kawasan Percandian Muarajambi. Dilanjutkan mengunjungi Menapo Buluran Dalam, Menapo Astano dan mengunjungi Candi Astano, yang dahulu kala adalah sebagai tempat kremasi mayat.

Dari Candi Astano, dilanjutkan menuju Desa Muara Jambi dan makan siang di Homestay WKS. Setelah makan siang, perjalanan dilanjutkan ke Candi Kembar Batu, melewati kanal tua yang telah dinormalisasi.

Kemudian mengunjungi Menapo Kepayang, Menapo Tinggi 1, Candi Tinggi, Candi Gumpung, Kolam Telago Rajo dan Gedung Koleksi Percandian Muarajambi. Perjalanan dilanjutkan menuju pondok ladang, tempat kita menginap yang terletak di tengah kebun duren dan duku, dengan melewati Menapo Gajah Mati dan Menapo Kepayang 2.

Sesampainya di pondok, melakukan persiapan untuk bermalam dan mandi. Makan malam dengan menu lokal pada pukul 19.00. Istirahat untuk perjalanan besok. Jika berkunjung pada musim panen duren dan duku, kita akan menyaksikan duren runtuh dan masyarakat lokal yang menunggu pohon buahnya agar tidak dimakan oleh binatang liar, seperti beruang dan babi.
Makan yang disediakan : Makan Siang, Makan Malam.

HARI 3, Sabtu
Makan pagi dan mandi. Pada pukul 07.00, melanjutkan hiking ke wilayah barat kawasan percandian, dengan melewati Sungai Melayu, Menapo Pa’i dan Menapo Sungai Melayu.

Lalu mengunjungi Candi Gedong 1 dan Gedong 2, Menapo Parit Duku, Menapo Samsuar, Menapo Kandang Kerbo, Menapo Pemandian Ayam, Menapo Nasdi, Menapo Dahlan dan ke Candi Kedaton, yang mempunyai bangunan candi terbesar di kawasan ini, yang saat ini hampir selesai diekskavasi. Perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi Menapo Ujung Tanjung, Menapo Lek Saki dan keluar di Sungai Terusan untuk mengunjungi Candi Koto Mahligai untuk makan siang.

Selesai makan siang, dilanjutkan menuju Bukit Sengalo yang terletak paling ujung bagian barat dari kawasan ini, yang merupakan tempat tertinggi di seluruh kawasan Percandian Muarajambi, sambil menikmati kopi atau teh dengan makanan kecil khas lokal. Jam 16.30, kembali ke Kota Jambi dan check-in hotel. Program bebas. Makan malam jam 19.30 di rumah makan lokal di Kota Jambi.
Makan yang disediakan : Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam.

HARI 4, Minggu
Makan pagi di Hotel dan check-out hotel.
Transfer-out bandara untuk penerbangan pagi pulang ke daerah asal atau diantar ke terminal bus untuk melanjutkan perjalanan ke daerah lain atau melakukan extented night untuk tour lain.
Tour berakhir.
Makan yang disediakan : -.

HARGA PAKET TOUR PER ORANG : (hubungi tour planner kami untuk lebih detailnya)

HARGA TERMASUK
-. Airport Transfer-In/ Out (hari-1 dan hari-4)
-. Transportasi darat dengan A/C, dari Kawasan Percandian Muarajambi menuju hotel (hari ke-3)
-. 2 malam menginap di Hotel *** atau sejenis (Twin Share Based)
-. 1 malam menginap pondok ladang (donasi)
-. Makan yang disediakan : 1 Makan pagi, 2 Makan Siang, 2 Makan Malam.
-. Sewa Pompong dan rakit
-. Tiket Masuk Kawasan Percandian Muarajambi
-. 1 Local Guide
-. 1 Porter/ Orang (for maximum weight 15kg/porter)
-. 2 kali minum kopi / teh dengan local snack
-. Air Mineral.

HARGA TIDAK TERMASUK
-. Pengeluaran personal, seperti : laundry, telepon, minibar dll.
-. Tips dan hadiah
-. Tiket penerbangan dan departure taxes
-. Asuransi pribadi perjalanan
-. Excursions tambahan
-. Makan dan minum yang tidak tercantum dalam itinerary.

Yang Harus Dibawa
Anda dimohon dapat membawa barang bawaan anda sendiri saat menaiki dan turun dari perahu tradisional dan diminta membawa tas personal yang berisikan peralatan kamera, jas hujan, botol air, topi, sun-glasses dan barang lain yang anda perlukan sendiri selama penjelajahan. Juga disarankan untuk membawa krim penolak nyamuk dan sun-block.

Ayo berkunjung ke Muara Jambi !