members of association of the indonesian tours and travel agencies
NIA : 045/VI/DPP/2006

MUARA MADRAS - MERANGIN : MENGENAL DESTINASI WISATA JAMBI

Desa Tua Muara Madras
Kawasan Desa Muara Madras berada pada topografi alam berupa bukit dan gunung berjajar, dengan Gunung Masurai (2.935 mdpl) yang merupakan puncak tertinggi di kawasan ini, memiliki 2 (dua) buah danau vulkanik, yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabuk, dengan pintu gerbang pendakian di Desa Sungai Lalang, Kecamatan Lembah Masurai.

Masyarakat lokal yang hidup bertani dan bercocok tanam, memiliki harta karun kekayaan alam, sejarah dan budaya yang mempesona, antara lain atraksi alam danau hingga air terjun nan eksotis.

Danau Depati Empat, yang luasnya 8 (delapan) kali Danau Pauh seluas ± 30 Ha, relatif belum banyak dikunjungi wisatawan, yang berlokasi di Desa Rantau Kermas, Kecamatan Jangkat, sejauh 12 Km dari Danau Pauh. Menuju lokasi Danau Gedang, nama lain dari Danau Depati Empat ini, biasanya berjalan kaki selama sejam. Danau ini kaya dengan habitat ikan nila, yang akan dikeringkan dan dijual masyarakat, dengan istilah Ikan Krasak.

Semburan air panas (geyser) terdapat di sejumlah lokasi, diantaranya di Talang Mentenang, Desa Muara Madras, dan Grao Sakti, Desa Renah Kemumu, 38 Km dari Danau Pauh, yang lokasinya yang berada di tengah Taman Nasional Kerinci Seblat.

Air terjun dengan ketinggian kaskade bervariasi mulai puluhan hingga ratusan meter juga terdapat di kawasan ini. Di antaranya air terjun Sigerincing di Desa Tuo dan Puti Deber di Desa Peradun Temeras, Kecamatan Lembah Masurai. Juga air terjun Mentenang di Muara Madras, air terjun Sungai Hitam di Desa Renah Pelaan yang berjarak 6 Km dari Desa Muara Madras, air terjun Talang Tembago Desa Talang Tembago yang berjarak 13 km dari Desa Muara Madras, dan air terjun Rantau Suli yang berjarak 15 km dari Desa Muara Madras yang mudah diakses karena dekat dengan jalan umum.

Berdiri tegak kokoh Masjid Rajo Tiangso di tengah Desa Muara Madras, dengan tinggalan Al-Quran tulisan tangan oleh Muhammad Amin, ulama Islam bergelar Rajo Tiangso.

Selain terkenal kebersihannya, Desa Muara Madras juga memiliki Taman Bunga Hesti’s Garden, dipenuhi oleh bunga - bunga, yang sengaja ditanam dengan pola tertentu, sehingga menjadi menarik. Yang unik, bukan hanya berada dalam satu tempat khusus, tapi taman ini ditularkan ke seluruh bagian Desa Muara Madras. Taman bunga terlihat menghiasi di setiap sudut desa. Desa yang memiliki delapan dusun itu, Kampung Lereng, Kampung Tengah, Tanjung Aman, Lubuk Tamiang, Kampung Baru, Tanjaung Harapan, Pematang Raya dan Bukit Barisan, kini disulap seperti desa ter-romantis karena di setiap rumah penduduk dipenuhi taman bunga yang indah dan mengagumkan (http://www.jambiupdate.co/artikel-dipenuhi-taman-bunga-desa-muara-madras-jadi-desa-paling-romantis-di-merangin.html).

Danau Pauh dengan background Gunung Masurai.


AKSESIBILITAS

Desa Muara Madras berjarak 431 Km dari Kota Jambi, berjarak 528 Km dari Kota Padang, dan berjarak 250 Km dari Kota Bungo, yang mempunyai bandar udara.

Perjalanan dari Kota Bangko ke kawasan Desa Muara Madras berjarak 110 Km, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 - 4 jam dengan menggunakan transportasi pribadi.

Tipe jalan menuju kawasan adalah jalan aspal dengan lebar dua meter. Kondisi jalannya yang baik perlu dipertahankan agar membuat akses ke kawasan ini tidak begitu sulit.

Hesti's Garden yang menularkan keindahan bunganya ke Desa Muara Madras.

AKOMODASI

Kawasan Desa Muara Madras dan sekitarnya menyediakan fasilitas akomodasi, berupa homestay. Menurut keterangan yang dihimpun dari Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Merangin, terdapat 13 homestay siap untuk dipergunakan yang tersebar di Desa Muara Madras.

Panorama sawah di Desa Muara Madras.

SARANA DAN PRASARANA PENUNJANG

Sarana dan prasarana penunjang yang ada di sekitar kawasan Desa Muara Madras dan sekitarnya adalah :

i.  Puskesmas.
ii. Terdapat beberapa warung makan lokal.
iii. Tersedianya jaringan telepon untuk provider selular, XL dan Telkomsel.

Mau lebih tahu tentang Muara Madras, sebuah kawasan dengan kondisi alam masih asri, yang berada di dataran tinggi dan memendam tinggalan budaya Batu Silindriknya, bak “emas terurai” terpendam yang menunggu untuk ditemukan?

Ayo kunjungi dan rasakan sendiri dengan membeli ready tour package dari kami kesini !
Have a great day !