members of association of the indonesian tours and travel agencies
NIA : 045/VI/DPP/2006

GUNUNG TUJUH - KERINCI EXOTIC LAKE TOUR 04 HARI - 03 MALAM

RINGKASAN PERJALANAN
• Mengunjungi dan camping di danau eksotik di Pulau Sumatra, Danau Gunung Tujuh.
• Mengamati dan merasakan langsung kehidupan masyarakat lokal Kerinci.
• Melihat langsung keanekaragaman hayati Taman Nasional Kerinci Seblat.

Lama Perjalanan     : 04 Hari - 03 Malam.
Aktifitas                 : National Park Trekking, Jungle Adventure.
Akomodasi             : 01 malam Homestay, 01 malam Tenda, 01 malam Hotel.

SEJARAH
Danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi di masa lampau. Konon, danau caldera ini terbentuk karena letusan Gunung Tujuh pada ribuan tahun silam. Bekas letusan tersebut akhirnya membentuk sebuah kawah yang lama - kelamaan penuh terisi oleh air hujan dan menjadi sebuah danau. Memiliki surface area 9,6 km serta ukuran panjang sekitar 4,5 km dan lebar 3 km, danau yang berada di ketinggian 1.950 mdpl ini merupakan salah satu danau tertinggi di Asia Tenggara dengan kedalaman maksimal 40 meter.
Mitos yang berkembang di masyarakat, danau ini merupakan danau sakti. Mereka meyakini bahwa danau tersebut dijaga dan dihuni dua makhluk halus menyerupai manusia yang dikawal oleh beberapa pengikut setia. Pengawal itu menyerupai harimau. Kedua makhluk itu disebut masyarakat dengan nama Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti.

INTI PERJALANAN
Mengunjungi salah satu danau caldera tertinggi di pulau Sumatra adalah satu pengalaman yang tak terlupakan. Sebagai kawasan yang menjadi salah satu sentra keanekaragaman hayati Taman Nasional Kerinci Seblat, Danau Gunung Tujuh merupakan tempat favorit untuk melakukan trekking.
Selain panorama alamnya yang indah, danau ini dikelilingi oleh enam gunung disekitarnya serta hutan hujan tropis taman nasional yang sudah ditetapkan sebagai warisan dunia (World Heritage) UNESCO pada tahun 2004, membuat penjelajahan jalur menanjak menjadi lebih bermakna untuk dilalui.

SELAYANG PANDANG
Hari 1   : Menuju Kerinci.
Hari 2   : Start trekking menuju Danau Gunung Tujuh.
Hari 3   : Trekking menuju Kayu Aro.
Hari 4   : Menuju Jambi/ Padang.

RINCIAN PERJALANAN
Hari 1
Meet dan greet di Bandara Sultan Thaha Jambi / Bandara Minangkabau Padang pada jam 08.00. Perjalanan dilanjutkan menuju Kabupaten Kerinci yang ditempuh selama ± 10 - 12 jam perjalanan darat dari Kota Jambi atau ± 6 - 8 jam dari Kota Padang.
Makan siang dan makan malam di perjalanan. Sesampainya di Family Cottage + Homestay di kawasan Kayu Aro, istirahat. Program bebas.
Makan yang disediakan : Makan Siang, Makan Malam

Hari 2
Makan pagi di Family Cottage + Homestay dan pada pukul 07.00, menuju gerbang Pos Danau Gunung Tujuh - Taman Nasional Kerinci Seblat di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.
Di desa berketinggian 1.600 mdpl ini, trekking akan kita mulai yang akan ditempuh selama 3 - 5 jam. Sesampainya di Danau Gunung Tujuh, makan siang dan persiapan tempat menginap.
Setelah makan malam, istirahat untuk menanti matahari terbit besok pagi.
Makan yang disediakan : Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam.

Hari 3
Setelah menikmati matahari terbit, makan pagi dan re-pack peralatan, trekking dilanjutkan untuk kembali ke gerbang Pos TNKS di Desa Pelompek, dan menuju kota Sungai Penuh.
Sesampainya di Kota Sungai Penuh, check-in hotel Kerinci dan sightseeing tour. Makan malam di rumah makan lokal, program bebas.
Makan yang disediakan : Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam

Hari 4
Setelah makan pagi, check-out hotel Kerinci dan kita langsung berangkat menuju Kota Jambi atau Kota Padang. Setibanya di Kota Jambi / Kota Padang akan langsung diantar ke bandara.
Tour Danau Gunung Tujuh berakhir.   
Makan yang disediakan : Makan Pagi, Makan Siang.


KONDISI TOUR
• Saat musim hujan (bulan November sampai Maret), memakai sepatu yang tahan air lebih dianjurkan karena medan track yang tergolong basah.
• Karena lokasi trekking berada di dataran tinggi, mohon membawa jaket, sarung tangan, dan  kaos kaki tebal karena sangat berguna saat menginap di kawasan Danau Gunung Tujuh ini.
• Disarankan untuk membawa makanan tambahan sendiri jika tidak berkenan dengan makanan lokal yang dihidangkan karena berbasis masakan padang, menu lokal dan mie instant.

YANG HARUS DIBAWA
Anda dimohon dapat membawa barang bawaan anda sendiri dan diminta membawa tas punggung personal yang berisikan peralatan kamera, jas hujan, botol air, topi rimba, sun-glasses dan barang lain seperti obat - obatan pribadi yang anda perlukan sendiri selama penjalanan harian.

ASURANSI PERJALANAN
Tour ini belum termasuk asuransi pribadi peserta tour.

HARGA TOUR
Silahkan menghubungi tour planner kami untuk lebih detailnya.