members of association of the indonesian tours and travel agencies
NIA : 045/VI/DPP/2006

TIPS MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL DI JAMBI - 2

Memiliki 4 (empat) taman nasional dengan karakteristik yang berbeda dalam satu provinsi merupakan keunggulan dari pariwisata Jambi yang tidak dimiliki di daerah lainnya di Indonesia.

Untuk menikmati alam di taman nasional, tentunya kita harus memperhatikan dan menjaga kelestarian alam dengan menjalankan aktifitas wisata yang bertanggung jawab.  

Berikut lanjutan dari Tips Mengunjungi Taman Nasional di Jambi - 2

11. Anda disarankan mengenakan baju atau kaos lengan panjang dan sepatu boot tinggi (plastik) atau jenis sepatu tahan air yang nyaman lainnya, untuk menghindari goresan duri rotan dan duri tumbuhan yang banyak  tumbuh di hutan dan menghindari lumpur serta hipotermia pada kaki basah.

12. Selama perjalanan siang hari, persediaan air minum harus sangat diperhatikan untuk menghindari  dehidrasi tubuh anda.

13. Untuk mencegah menempelnya lintah atau pacat pada kaki anda, disarankan memakai kaos kaki tebal dan menutup setiap celah pada bagian bawah tubuh anda dengan cara memasukkan ujung celana yang anda pakai ke dalam kaos kaki, agar tidak ada ruang terbuka untuk masuknya atau menempelnya lintah atau binatang kecil lainnya.

14. Pastikan untuk membawa tas anti air untuk melindungi barang bawaan penting anda, seperti baju, kamera dan lainnya.

15. Mintalah pendampingan Petugas Taman Nasional bersangkutan atau sewalah Guide lokal untuk lebih mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan penjelajahan taman nasional anda.

16. Sewalah Porter lokal yang berpengalaman apabila barang bawaan anda lumayan banyak. Negosiasilah terlebih dahulu di awal perjalanan menyangkut honor perhari, agar tidak terjadi salah komunikasi di akhir perjalanan anda.

17. Di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan tempat hidupnya Suku Anak Dalam (Orang Rimba). Hormati larangan dan pantangan yang telah ditetapkan agar anda tidak didenda dengan sejumlah kain. Larangan untuk menebang beberapa jenis tumbuhan, larangan untuk mendokumentasikan tempat tinggal dan kaum wanita baik foto atau video, dan pantangan lainnya wajib anda patuhi untuk menghormati kearipan lokal Suku Anak Dalam.

18. Untuk mencapai taman nasional di jambi, disarankan menggunakan mobil 4WD dan memiliki suspensi yang baik, karena kondisi jalan lumayan buruk dan sebagian tanah berlumpur, terutama di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas dan Taman Nasional Bukit 30.

19. Cobalah untuk akrab dengan penduduk lokal karena mereka senang bergaul dengan wisatawan.

20. Apabila anda tidak berpengalaman dan tidak mempunyai waktu untuk melakukan perencanaan perjalanan ke taman nasional di Jambi, silahkan untuk menghubungi tour planner kami.  

Selamat perjalanan anda menyenangkan dalam menikmati keunikan dan keanekaragaman taman nasional di Jambi !